The Transport Layer

Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa pokok inti yang ada pada transport layer, antara lain :

- Layanan Transportasi
- Elemen Protokol Transport
- Protokol Transport Internet: UDP
- Protokol Transport Internet: TCP
- Kinerja Masalah
- Ringkasan

- Layanan Transportasi
ØLapisan transportasi adalah jantung dari keseluruhan hirarki protokol. Tugasnya adalah untuk menyediakan handal, hemat biaya transportasi data dari mesin sumber ke mesin tujuan.
ØTujuan utama dari lapisan transport adalah untuk menyediakan layanan yang efisien, handal, dan biaya-efektif untuk para penggunanya, biasanya proses ada pada lapisan aplikasi. Untuk mencapai tujuan ini, lapisan transport memanfaatkan layanan yang diberikan oleh lapisan jaringan.
ØPerangkat keras atau perangkat lunak dalam lapisan transport yang melakukan pekerjaan disebut entitas transportasi.
ØEntitas transportasi dapat terletak di kernel sistem operasi atau proses penggunaan terpisah.

- Elemen Protokol Transport
ØLayanan transportasi diimplementasikan oleh protokol transport yang digunakan antara dua entitas transportasi. Namun, perbedaan yang signifikan antara kedua juga ada. Perbedaan ini disebabkan oleh dissimilarities utama antara lingkungan di mana dua protokol beroperasi.
ØPerbedaan final antara data link dan lapisan transportasi adalah jumlah bukan jenis. Buffering dan kontrol aliran dibutuhkan di kedua lapisan, namun keberadaan sejumlah besar dan dinamis berbagai koneksi pada lapisan transport mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda daripada yang digunakan pada lapisan data link.

- Protokol Transport Internet: UDP
ØInternet memiliki dua protokol utama di lapisan transport  yaitu : 
       - Protokol connectionless dan connection-oriented one.
       - Protokol connection-oriented one adalah TCP. 
ØProtokol connectionless adalah UDP (User Datagram Protocol).
Karena UDP pada dasarnya hanya IP dengan header singkat. UDP menyediakan cara bagi aplikasi untuk mengirim datagram IP encapsulated dan mengirim mereka tanpa harus membuat sambungan.

- Protokol Transport Internet: TCP
ØTCP (Transmission Control Protocol) secara khusus dirancang untuk memberikan aliran end-to-end byte handal melalui internetwork.
ØSebuah internetwork berbeda dari jaringan tunggal karena bagian yang berbeda mungkin memiliki topologi, bandwidth, penundaan, ukuran paket, dan parameter lainnya.
ØTCP dirancang untuk secara dinamis beradaptasi dengan sifat-sifat internetwork dan menjadi kuat dalam menghadapi berbagai jenis kegagalan.
ØSemua koneksi TCP adalah full duplex dan point-to-point.
ØFull duplex berarti bahwa lalu lintas dapat pergi di kedua arah pada saat yang sama.
ØPoint-to-point berarti bahwa setiap koneksi memiliki tepat dua titik akhir. TCP tidak mendukung multicasting atau penyiaran.

- Kinerja Masalah
ØMasalah kinerja sangat penting dalam jaringan komputer. Ketika ratusan atau ribuan komputer yang saling berhubungan, interaksi yang kompleks, dengan konsekuensi yang tak terduga, yang umum. Sering, kompleksitas ini menyebabkan kinerja yang buruk dan tidak ada yang tahu mengapa.
ØPemahaman kinerja jaringan lebih merupakan seni daripada ilmu. Ada sedikit teori yang mendasari yang sebenarnya ada gunanya dalam praktek. Yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah memberikan aturan praktis yang diperoleh dari pengalaman keras dan contoh-contoh ini diambil dari dunia nyata.
ØBeberapa masalah kinerja, seperti kemacetan, yang disebabkan oleh overload sumber daya sementara. Jika lebih banyak lalu lintas tiba-tiba di sebuah router dan router  tidak dapat menanganinya, kemacetan akan timbul dan kinerja akan menderita.
ØUntuk kinerja yang baik, jendela penerima harus setidaknya sama besar dengan perkalian bandwidth-delay, sebaiknya agak lebih besar karena penerima mungkin tidak merespon langsung.

- Ringkasan
ØLapisan transportasi merupakan kunci untuk memahami protokol berlapis. Lapisan ini menyediakan berbagai layanan, yang paling penting yang merupakan end-to-end, handal, koneksi berorientasi byte stream dari pengirim ke penerima.
ØProtokol transport harus mampu melakukan manajemen koneksi melalui jaringan yang dapat diandalkan. Ketika lapisan jaringan benar-benar dapat diandalkan, lapisan transport memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ini harus menangani semua layanan primitif, mengelola koneksi dan timer, dan mengalokasikan dan memanfaatkan kredit.
ØInternet memiliki dua protokol transportasi utama: UDP dan TCP.
     - UDP adalah protokol connectionless  yang merupakan bungkus untuk paket IP dengan fitur tambahan dari beberapa proses multiplexing dan demultiplexing menggunakan satu alamat IP.
     - TCP (Transmission Control Protocol) secara khusus dirancang untuk memberikan aliran end-to-end byte handal melalui internetwork.


Materi bisa di download disini 

0 komentar: