CARA MENGHAPUS VIRUS SHORTCUT

Virus shortcut? Ya, pasti kita langsung ilfil mendengar kata ini.
walau bagaimanapun virus ini bisa kita tangani dengan mudah kok. Ada beberapa cara untuk mengatasi virus shortcut yang ada di PC maupun Laptop. Berikut ini saya akan memberi tips bagaimana cara menghapus virus shortcut dalam PC maupun Laptop kita.


CARA 1 MENGHAPUS VIRUS SHORTCUT:

Berikut  8 langkah praktis untuk mendepak virus yang mampu mengubah  folder yang  ada di dalam USB flash disk menjadi shortcut tersebut:
1. Nonaktifkan ‘System Restore’ untuk sementara selama proses pembersihan.
2. Putuskan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan.
3.  Matikan proses virus yang aktif di memori dengan menggunakan  tools ‘Ice  Sword’. Setelah tools tersebut terinstal, pilih file yang  mempunyai  icon ‘Microsoft Visual Basic Project’ kemudian klik  ‘Terminate Process’.  Silahkan download tools tersebut di http://icesword.en.softonic.com/

4. Hapus registri yang sudah dibuat oleh virus dengan cara:
-. Klik menu [Start]
-. Klik [Run]
-. Ketik REGEDIT.exe, kemudian klik tombol [OK]
-. Pada aplikasi Registry Editor, telusuri key [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run]
-. Kemudian hapus key yang mempunyai data [C:\Document and Settings\%user%].
5.  Disable autoplay/autorun Windows. Copy script di bawah ini pada  program  notepad kemudian simpan dengan nama REPAIR.INF, install file  tersebut  dengan cara: Klik kanan REPAIR.INF –> INSTALL
[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Vaksincom
[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del
[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,”"”%1?” %*”
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,”"”%1?” %*”
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,”"”%1?” %*”
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,”"”%1?” %*”
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,”regedit.exe “%1?”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,”"”%1?” %*”
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\policies\Explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x000000ff,255
6.  Hapus File induk dan file duplikat yang dibuat oleh virus  termasuk di  flash disk. Untuk mempercepat proses pencarian, Anda dapat  menggunakan  fungsi ‘Search’. Sebelum melakukan pencarian sebaiknya  tampilkan semua  file yang tersembunyi dengan mengubah pada setting  Folder Options.
Jangan  sampai terjadi kesalahan pada saat menghapus file induk  maupun file  duplikat yang telah dibuat oleh virus. Lalu hapus file  induk virus yang  mempunyai ciri-ciri:
-. Icon ‘Microsoft Visual Basic Project’.
-. Ukuran File 128 KB (untuk varian lain akan mempunyai ukuran yang bervariasi).
-. Ekstesi file ‘.EXE’ atau ‘.SCR’.
-. Type file ‘Application’ atau ‘Screen Saver’.

Kemudian hapus File duplikat shortcut yang mempunyai ciri-ciri:
>. Icon Folder atau icon
>. Ekstensi .LNK
>. Type File ‘Shortcut’
>. Ukuran file 1 KB
Hapus  juga file yang .DLL (contoh: ert.dll) dan file Autorun.inf di  flash  disk atau folder yang di-share. Sementara untuk menghindari virus   tersebut aktif kembali, hapus file induk yang mempunyai ekstensi EXE   atau SCR terlebih dahulu baru kemudian hapus file Shortcut (.LNK).
7.  Tampilkan kembali folder yang telah disembunyikan oleh virus.  Untuk  mempercepat proses tersebut, silahkan download tools UnHide File  and  Folder di http://www.flashshare.com/bfu/download.html.
Setelah  diinstall, pilih direktori [C:\Documents and settings] dan  folder yang  ada di flash disk dengan cara menggeser ke kolom yang sudah  tersedia.  Pada menu [Attributes] kosongkan semua pilihan yang ada,  kemudian klik  tombol [Change Attributes].
8.  Install security patch ‘Microsoft Windows Shell shortcut handling   remote code execution vulnerability-MS10-046'. Silakan download  security  patch tersebut di  http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS10-046.mspx
Seperti  biasa, untuk pembersihan secara optimal dan menecegah  infeksi ulang,  sebaiknya install dan scan dengan antivirus yang  up-to-date dan sudah  dapat mendeteksi virus ini dengan baik.
Original source: vaksin[dot]com & detikinet[dot]com

CARA 2 MENGHAPUS VIRUS SHORTCUT:

Ciri-ciri virus shortcut :
Pertama-tama, setelah menginfeksi komputer, dia akan membuat file induk database.mdb di My Documents
Yang kedua adalah virus tersebut akan membuat file autorun.inf di setiap drive harddisk, flash disk, dan folder tanpa kecuali.
Yang ketiga adalah dia akan membuat file Thumb.db  (hati-hati,  perhatikan bahwa file ini tanpa huruf s sedangkan thumbnail  cache yang  asli di komputer memiliki tambahan huruf s alias thumbs.db)  di setiap  folder
Untuk memancing korban, dia akan membuat file Microsoft.lnk dan New  Harry Potter and….lnk di setiap folder yang jika dieksekusi akan  langsung mengaktifkan virus tersebut.
Seperti  halnya virus-virus lokal lainnya, dia akan membuat duplikat  setiap  folder namun kali ini bukan dengan ekstensi .exe melainkan  extensi .ink alias shortcut.
Pada task manager terdapat proses services wscript.exe yang sedang berjalan. Dalam kondisi normal, tidak ada proses seperti ini.
Langkah-langkah menghapus virus shortcut :
1.  Matikan System Restore. Sejak dulu saya selalu mematikan system  restore  segera setelah proses instalasi windows. Untuk keperluan backup  dan  imaging system, saya lebih memilih menggunakan third party seperti   acronis ataupun Norton Ghost (baca dan dowload : Norton Ghost  15.0.0.35659 (2010) Full Serial Crack)
2. Matikan proses virus wsrcipt.exe (C:\WINDOWS\System32\wscript.exe)
Bisa menggunakan Process Explorer atau misc. tool pada HijackThis (baca dan download : HijackThis 2.0.2 ).
3. Hapus file virus database.mdb di My Documents..
4. Hapus file duplikat virus..
Untuk  proses penghapusan, anda bisa menggunakan fasilitas search  pada  Windows.. Pada “More advanced options”, pastikan option “Search  system  folders” dan “Search hidden files and folders” keduanya telah  dicentang.
Search file dengan nama autorun.inf ukurannya 8 KB
Search file dengan nama Thumb.db ukurannya 8 KB
Search file dengan ekstensi .lnk.lnk ukurannya 1 KB
Hapus semua file yang ditemukan..
Untuk  lebih memudahkan proses pencarian yang sekaligus menghapus  file yang  ditemukan, anda bisa menggunakan software UTool, sebuah  freeware yang  dapat anda download secara gratis. Program ini akan  secara otomatis  mencari dan kemudian menghapus file-file yang  diinginkan (lihat gambar).
5. Hapus registry Autorun yang dibuat virus dengan menggunakan HijackThis..
Cari di bagian HKCU\..\Run: yang berhubungan dengan file database.mdb (pada gambar namun file database.mdb udah saya hapus)
regedit_run
Untuk  lebih memantabkan proses pencegahan dan melindungi komputer  kita dari  serangan virus lokal yang sangat memusingkan ini, anda dapat  melakukan  hal-hal berikut:
1. Setelah proses instalasi windows, segera matikan system restore.
2.  Install software third party misal Tweak UI atau Magic Tweak  untuk  mendisable autorun dan mencegah teraktivasinya file-file .inf.  Mungkin  pada Windows XP Professional, proses menon-aktifkan autorun  bisa  dilakukan dengan mudah, namun pada versi Win XP Home, anda  memerlukan  software ini. Tambahan informasi, program MagicTweak selain  berfungsi  menon-aktifkan autorn  dapat juga digunakan untuk mencegah  dijalankannya  file-file .inf File autorun.inf yang biasanya merupakan  awal dari  berjangkitnya virus akan secara otomatis diubah menjadi murni  file txt  alias notepad oleh program ini dan dia tidak lagi bisa  dieksekusi. Ini  sangat membantu jika memang secara tidak sengaja kita  mengaktifkan atau  mengeksekusi autorun.inf meski proses autorun sudah  didisable untuk  semua drive (termasuk flash disk).
3.  Setelah semua proses instalasi windows, driver, program, dan  lain-lain  telah selesai, segera backup image system anda menggunakan  software  macam Acronis True Image atau Norton Ghost, sehingga jika  nanti ada masalah yang tidak dapat anda selesaikan dengan mudah, anda  dapat merestoreasi backup system tersebut.
4.  Jika perlu, instal juga Deep Freeze apabila komputer anda  digunakan  oleh banyak orang, sehingga settingan komputer tidak akan  berubah-ubah.
5.  Update info: Ciri-ciri virus terdapatnya virus shortcut pada  flashdisk  dapat diketahui dengan perbedaan icon flashdisk tersebut yang  biasanya  berbentuk seperti icon drive menjadi berubah seperti icon  folder. Jika  menemui icon seperti ini, berarti dalam flashdisk tersebut  terdapat  virus. Gunakan explorer dan buka flashdisk lewat explorer  (jangan klik  2x dari my computer) dan hapus file autorun dan file2  tersangka virus  lainnya secara manual dengan menekan shift + DEL  (supaya tidak  tersangkut di recycle bin). Rata-rata virus lokal dapat  dicegah dengan  cara manual seperti ini asalkan OPSI DISABLE AUTORUN  pada windows  dan/atau MagicTweak telah diaktifkan, dan juga OPSI  DISABLE .INF FILE  pada MagicTweak telah diaktifkan.
Nah,  itu mungkin sedikit tips cara menghapus virus shortcut dan  smoga  komputer kamu setelah hapus virus shortcut jadi bebas deh dari  virus  shortcut.

0 komentar: