8 Resep Mengoptimalkan Website Anda

Punya website atau webblog? Anda berniat membangun website baru? Tapi tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk membayar seorang desainer web handal atau konsultan? Haruskah pasrah?? TIDAK. Lalu, bagaimana solusi bertahan di modal yang pas-pasan? Untuk dapat menjual lebih banyak produk dan mengoptimalkan website yang ada. Jangan berputus asa, berikut ini 8 resep yang saya referensi dari sebuah artikel Mashable, dalam judul asli "4 Ways Small Business Websites Can Drive More Sales"


1. Jaga Konten Tetap 'WAH'
    Berikan sesuatu kepada pengunjung Anda saat ini (dan juga yang berpotensi mengunjungi), sebuah alasan untuk kembali berkunjung ke situs Anda. Tentang bagaimana caranya, Anda pasti akan menemukannya, hanya saja memang butuh proses. Jika ingin sedikit berpikir, mungkin kita bisa menerapkan sebuah cara yakni dengan bertanya pada diri sendiri. Apa maksudnya? Pikirkan saja tentang situs yang pernah Anda kunjungi secara teratur, lalu menurut Anda apa yang menarik dari situs itu sehingga Anda berulang kali mengunjunginya? Anda bisa men-tweak unsur-unsur menarik dari situs favorit Anda, untuk diaplikasikan pada website Anda dan industri Anda? Mulailah dengan mengintegrasikan blog Anda, aplikasi jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, dan feed lain yang secara 'otomatis' akan menyebarkan berita website Anda ketika Anda memposting konten.

2. Optimalkan Kata Kunci (Keywords)
    Ketika Anda akan membuat sebuah website/webblog untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus Anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang biasa(umum) mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.

3. Integrasi Website Anda Dengan Jejaring Sosial
    Melibatkan pengguna dan menyediakan informasi yang relevan melalui jejaring sosial merupakan faktor penting dalam mengarahkan lalu lintas ke website Anda. Semakin banyak konten yang Anda bagi melalui jejaring sosial, semakin baik website Anda pada peringkat di search engine.
      Tujuan utamanya adalah untuk membangun hubungan baik dengan pengunjung situs Anda, sehingga menciptakan komunitas Anda, baik itu audiens jangka panjang dan bahkan pendukung merek Anda. Jadi, Anda perlu untuk mendesain sebuh website dimana pengunjung semudah mungkin dapat menemukan konten dan membagi konten Anda itu kepada orang lain. Sertakan toolbar jejaring sosial untuk berbagi konten dari website Anda, dan mendorong orang untuk menggunakannya. Perlu juga berbagi konten Anda di profil sosial dan agregator konten seperti Slideshare, jangan lupakan etika komunikasi, apa yang Anda berikan adalah apa yang akan Anda dapatkan, lakukan yang terbaik untuk membawa feedback (umpan balik) ke website Anda.

4. Gunakan Domain Berisi Kata Kunci (Keywords)
    Sebenarnya domain tidak harus berisi kata kunci, itu bukan sebuah keharusan. Tapi dengan memasukkan keywords dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Misalnya membuat web tentang penyedia jasa SEO atau jasa backlink, bisa saja menggunakan domain gudangbacklink.com, rajaseo.com, seomax.com, ratuseo.com, dan lain-lain. Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya adalah website perusahaan-perusahaan, contohnya google.com, facebook.com, twitter.com, detik.com, yahoo.com, pinterest.com, dan lain-lain.

Pada intinya keywords on domain tidak pernah berbahaya untuk website anda, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs SPAM, dan tentunya anda tidak berencana membuat sebuah situs SPAM, (benar kan?) Jadi, menggunakan keywords tertentu pada domain situs anda adalah sesuatu yang baik, oh ya saya menyarankan untuk menggunakan ekstensi yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi [dot]com untuk situs komersial.

5. Gunakan Platform Yang Tepat Untuk Website Anda
    Untuk penggunaan platform yang tepat pada website Anda sebenarnya tidak masalah mau membangun situs Anda dengan menggunakan platform yang Anda sukai. Bagaimanapun juga, bila Anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly dan User Friendly saran saya Anda memakai platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik.

6. Gunakan Permalinks Yang Baik
    Pastikan setiap permalink postingan Anda berisi judul postingan karena permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan SEO Anda. Itu sebabnya mengapa saya sarankan memakai platform WordPress karena anda akan lebih mudah mengubah settingan permalinks di WordPress. Untuk settingan permalinks postingan biasanya saya menggunakan custom struktur seperti ini /%postname%/ atau /%postname.html

7. Plugins SEO
    Seperti saya katakan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs Anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website Anda adalah:
– Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
– Google XML Sitemaps
– SEO Friendly Images
– W3 Total Cache, WP Super Cache
- WP Smush.it
- SEO ALRP
- CBNet Ping Optimizer

8. Membangun Backlinks
    Algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Hal penting yang harus tetap kita perhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs adalah membangun backlinks yang berkualitas. Gunakan waktu senggang Anda untuk membangun backlinks yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap untuk proses pengoptimalan website Anda.



" -[Salam Perubahan!!!]-"

2 komentar:

Postingan yang bagus gan, kebetulan saya baru membuat website :)

Mampir ke web ane ya Coretan-Coretan Hadi

ok-ok bang, makasih juga udah berkunjung ke gubuk saya yg jelek ini \(˘▽˘)/