Sambangi China, CEO Apple Menyimpan Misteri

Tim Cook di Apple Store, Beijing

      Beijing, China - Bos Apple Tim Cook bertandang ke China untuk pertama kalinya sejak menjadi CEO. Sejumlah perkiraan mengenai misi kedatangan Cook di negeri Tirai Bambu pun menyeruak.

      Kabar kedatangan Cook ini agak mengejutkan publik, mengingat mendiang Steve Jobs dilaporkan tidak pernah menginjakkan kaki di sana. Entah apa alasan Jobs, namun China sendiri merupakan pasar terbesar kedua Apple di luar Amerika.

      Kembali mengenai kedatangan Cook, sejumlah prediksi yang ditengarai merupakan misinya di sana adalah:

1. Cook ingin membuka pintu guna memboyong iPhone ke operator besar di China.

Dilansir ZDnet, Selasa (27/3/2012), Apple kini meraih 7,5% market share di China, masih kalah dengan Samsung yang memiliki 24,3%. Cook dikabarkan mengadakan diskusi dengan bos-bos China Unicom dan China Telecom.

2. Menyambangi Foxconn

Santer diberitakan, pabrik yang dikenal sebagai pembuat piranti untuk iPad dan iPhone ini menuai banyak kritik terkait kondisi kerja yang keras. Ada kemungkinan, Cook berada di China untuk melihat secara langsung dan bertemu dengan petinggi-petinggi Foxconn untuk membicarakan masalah itu.

3. Membicarakan pelanggaran merk dagang dengan Proview

      Masalah trademark 'IPAD' di China menyebabkan Apple mengeluarkan energi untuk memperjuangan kasus tersebut. Agar perjalanan iPad generasi terbaru menuju pasar China mulus, agaknya Cook harus terjun langsung guna memecahkan persoalan dengan Proview. Sayang, juru bicara Apple sendiri enggan berkomentar mengenai kedatangan CEO mereka.



Sumber : Detik

0 komentar: